Timnas Indonesia hadapi Malaysia 19 Desember 2021

Ada Kejutan Strategi dari  Shin Tae-yong 

Malaysia Vs Timnas Indonesia

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia menghadapi laga paling penting di Piala AFF 2020. Menghadapi musuh bebuyutan, Timnas Malaysia hari Ahad (19/12/2021), skuad asuhan Shin Tae-yong bakal menentukan nasib apakah bisa lolos ke semifinal atau mengepak koper dan pulang ke Tanah Air dengan tangan hampa.Yang pasti, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk setidaknya mengunci posisi runner-up Grup B. Sebaliknya kekalahan dari Vietnam beberapa waktu lalu, membuat Malaysia wajib menang pada laga ini jika ingin lolos semifinal.

Tentu hal di atas turut memengaruhi strategi yang diterapkan Shin Tae-yong pada laga nanti.Apakah Timnas Indonesia bakal tampil menyerang demi tiga poin? Atau justru kembali bertahan seperti ketika bersua Vietnam demi mengamankan satu poin.Yang pasti, jika melihat susunan pemain yang diturunkan pada tiga laga terakhir, Shin Tae-yong selalu punya starter berbeda pada setiap laga. Melawan Kamboja, Timnas Indonesia menggunakan formasi 4-1-4-1. Bersua Laos lantaran keinginan tampil agresif, Shin Tae-yong mengubah skema 4-1-4-1 menjadi 4-3-3.

Bersua Vietnam beda lagi. Sadar kalah kualitas, Timnas Indonesia menggunakan formasi 5-4-1. Ezra Walian dibiarkan sendirikan di depan dan fokus memanfaatkan serangan balik.Lalu Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto dan Alfeandra Dewangga membentuk skema tiga bek tengah. Dalam situasi membangun serangan, berulang kali Alfeandra Dewangga berperan sebagai gelandang bertahan yang menyalurkan bola. Lantas strategi apa yang akan diterapkan Shin Tae-yong.


Yang pasti kualitas Malaysia berada di bawah Vietnam. Namun patut diingat, saat diihajar Vietnam, pelatih Tan Cheng Heo tidak bisa menurunkan banyak pemain terbaiknya akibat COVID-19 dan cedera.Timnas Malaysia bahkan sempat mengancam mundur akibat krisis pemain dan tidak boleh menambah jumlah penggawa karena masalah ini.Artinya di atas kertas, Timnas Malaysia dengan kekuatan penuh merupakan ancaman buat Timnas Indonesia. Apalagi Safawi Rasid dan kawan-kawan punya waktu pemulihan kondisi lebih panjang.

Menariknya tentunya menunggu, apakah Shin Tae-yong merespons situasi di tim Malaysia saat ini dengan tampil menyerang atau justru lebih bertahan.Faktor bisa main atau tidaknya Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri merupakan penentu. Jika keduanya bisa bermain, tampaknya Timnas Indonesia bakal menyerang habis.Masalahnya Elkan Baggott masih dalam fase karantina karena satu pesawat dengan penumpang yang COVID-19. Sementara Egy Maulana Vikri masih belum dapat izin dari timnya untuk gabung Timnas Indonesia.Tentunya masin terlalu banyak teka-teki jika berbicara formasi. Namun apapun itu, Shin Tae-yong sepertinya bakal kembali membuat kejutan. Apa kejutan itu? Yuk sama-sama kita tunggu laga akbar ini.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar